PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN LOCAL MATERIAL BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X SMAN 1 MOJO KEDIRI


Author (Penulis)

RINI ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0073

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMA Negeri 1 Mojo Kediri, proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Proses pembelajaran masih jarang menggunakan diskusi kelompok. Kegiatan diskusi kelompok yang jarang dilakukan juga dapat mengakibatkan kemampuan berpikir kritis rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan siswa kurang terlatih untuk menyelesaikan permasalahan melalui diskusi kelompok. Selain itu, jarangnya siswa bekerja dalam kelompok juga dapat menyebabkan rendahnya sikap ilmiah siswa. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang sering menyontek, tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan kurang menghargai sesama teman, Malasnya siswa mengikuti pembelajaran menunjukkan siswa memiliki motivasi yang rendah.. Berdasarkan latar belakang tersebut maka diadakannya penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berpiki kritis, motivasi dan sikap ilmiah siswa kelas X SMAN 1 Mojo Kediri melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation menggunakan Local materials berbasis Lesson Study. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dikolaborasikan dengan Lesson Study dan dirancang sebanyak 2 siklus mulai Maret sampai April 2015 dengan melibatkan 1 guru model dan 4 observer. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari jawaban soal essay yang dinilai menggunakan rubric kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan dari indikator berpikir kritis Ennis. Nilai kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan antara siklus I dengan siklus II. Data motivasi dan sikap ilmiah diperoleh menggunakan angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan antara presentase siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siklus I ke siklus II, yaitu dari 54,43% menjadi 56,20% Hasil sikap ilmiah siswa juga mengalami peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 71,27% meningkat menjadi 74,18%. Untuk hasil motivasi mengalami penurunan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 71% pada siklus I mengalami penurunan menjadi 69% pada siklus II. Kata Kunci : group investigation, lesson study, local materials, kemampuan berpikir kritis, motivasi, sikap ilmiah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade