KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM BELAJAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI


Author (Penulis)

RINDI ANDHIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0072

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran Problem solving terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa dalam belajar pertumbuhan dan perkembangan pada kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Metode penelitian ini menggunakan rancanganan quasi eksperiment dengan jenis posttest-only control design. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A berjumlah 22 siswa dan kelas VIII D berjumlah 25 siswa SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran dan instrumen berfikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai berfikir kreatif kelas eksperimen 1 yaitu 88 dengan kategori sangat tinggi dan kelas eksperimen 2 yaitu 77 dengan kategori tinggi. Dilihat dari hasil uji t berfikir kreatif didapatkan t-hitung ? t-tabel yaitu 9.885 ? 2.015, yang berarti terdapat perbedaan berfikir kreatif antara kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran Problem solving lebih efektif meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa dari pada model pembelajaran STAD. Kata kunci: Berfikir kreatif, Pertumbuhan dan Perkembangan, Problem solving, STAD.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI