UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI, ARGUMENTASI ILMIAH, DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X-IMA MAN PRAMBON NGANJUK MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS LOCAL MATERIAL MELALUI LESSON STUDY (LS) PADA POKOK BAHASAN ANIMALIA


Author (Penulis)

RIDA IRFA'IYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0070

Abstract

Perkembangan era globalisasi sekarang ini proses pembelajaran IPA haruslah disampaikan secara menarik, menyenangkan dan menantang bagi siswa. Sehingga siswa dapat memunculkan pikiran mereka sendiri untuk mendapat jawaban tentang masalah yang mereka hadapi, menekankan pada berfikir kritis, berbasis ICT, menjembatani antara ilmu dan fakta serta menekankan pada kelompok, namun realitanya di MAN Prambon Nganjuk ditemukan beberapa permasalahan meliputi teacher centered, diskusi masih belum berjalan dengan baik, Keterbatasan alat bantu pembelajaran dan media yang digunakan, kemudian dengan karakter siswa yang belum memiliki keinginan kesadaran untuk belajar sehingga siswa tidak dapat menyusun konsep. Oleh karena itu diperlukan penerapan Project Based Learning (PjBL) Berbasis local material melalui lesson study (LS) pada pokok bahasan animalia, untuk meningkatkan motivasi, kemampuan berargumentasi ilmiah, dan berfikir kritis siswa kelas X-IMA MAN Prambon Nganjuk secara lesson study. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart yang dikolaborasikan dengan lesson study dan berbasis local material, dirancang sebanyak 2 siklus mulai Februari sampai dengan Mei 2015. Motivasi diukur menggunakan angket motivasi, kemampuan berargumentasi ilmiah diukur dengan menggunakan rubrik kemampuan berargumentasi ilmiah yang mengacu pada diskusi kelompok, dan kemampuan berfikir kritis diukur dengan menggunakan rubrik kemampuan berfikir kritis yang terintegrasi pada tes hasil belajar kognitif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase nilai rata-rata motivasi dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 58,03% menjadi 60,35%, peningkatan persentase nilai rata-rata kemampuan argumentasi ilmiah dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 44,6% menjadi 60,04% dan peningkatan persentase nilai rata-rata berfikir kritis dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 54,59% menjadi 54,59%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI