Perbandingan Model Pembelajaran Think Talk Write dan STAD (Student Team Achievement Divisions) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar dan Komunikasi Ilmiah Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Grogol
Author (Penulis)
RIA YULIANA AYU IRAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0069
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran yang berpusat pada guru serta kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang mampu mengkomunikasikan konsep IPA dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar serta kemampuan komunikasi ilmiah siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan komunikasi ilmiah siswa menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write dan model pembelajaran STAD berbantuan media video materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas VIII SMPN 3 Grogol. Metode penelitian ini berjenis quasi eksperiment secara kuantitatif dengan sampel dua kelas yang diambil secara acak dengan jumlah 55 siswa. Parameter yang diamati adalah hasil belajar dan komunikasi ilmiah siswa. Hasil belajar diukur dengan menggunakan post test, sedangkan komunikasi ilmiah diukur dengan menggunakan rubrik penilaian menurut Nurhayati (2012) dan Risdianawati (2012). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikan untuk hasil belajar dan komunikasi ilmiah siswa berturut-turut adalah 0,000 dan 0,003 lebih kecil daripada 0,05, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar dan komunikasi ilmiah siswa menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write dan model pembelajaran STAD berbantuan media video pada siswa kelas VIII SMPN 3 Grogol.
Kata Kunci : model pembelajaran Think-Talk-Write, STAD, hasil belajar, komunikasi ilmiah