UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA BAHASAN MEMAHAMI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII-C MTs. NIDHOMIYAH SUROWONO
Author (Penulis)
RIA KHUSNATUR ROSIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0068
Abstract
Proses pembelajaran yang berpusat kepada guru dan kurangnya inovasi model pembelajaran yang dilakukan oleh guru, menyebabkan siswa menjadi kurang semangat untuk mendengarkan apa yang disampaikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Keadaan tersebut menunjukkan siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dan hal ini menyebabkan hasil belajar siswa juga ikut rendah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada bahasan Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-C MTs. Nidhomiyah Surowono. Motivasi siswa diukur dengan menggunakan angket motivasi, dan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan soal post-test. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dirancang sebanyak II siklus mulai April sampai dengan Juni 2015. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan presentase nilai rata-rata motivasi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 59,34% menjadi 67,61% dan peningkatan presentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 67,27% menjadi 79,09%. Kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-C MTs. Nidhomiyah Surowono pada bahasan Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem.