UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA BAHASAN MEMAHAMI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII-C MTs. NIDHOMIYAH SUROWONO


Author (Penulis)

RIA KHUSNATUR ROSIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0068

Abstract

Proses pembelajaran yang berpusat kepada guru dan kurangnya inovasi model pembelajaran yang dilakukan oleh guru, menyebabkan siswa menjadi kurang semangat untuk mendengarkan apa yang disampaikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Keadaan tersebut menunjukkan siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dan hal ini menyebabkan hasil belajar siswa juga ikut rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation pada bahasan Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-C MTs. Nidhomiyah Surowono. Motivasi siswa diukur dengan menggunakan angket motivasi, dan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan soal post-test. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dirancang sebanyak II siklus mulai April sampai dengan Juni 2015. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan presentase nilai rata-rata motivasi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 59,34% menjadi 67,61% dan peningkatan presentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 67,27% menjadi 79,09%. Kesimpulan hasil penelitian ini, yaitu model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-C MTs. Nidhomiyah Surowono pada bahasan Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI