PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 KEDIRI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN


Author (Penulis)

NURUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0064

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar siswa di SMP PGRI 1 KEDIRI masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya partisipasi aktif dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, sehingga guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) Dipadukan Dengan Numbered Head Together (NHT) di kelas VII SMP PGRI 1 KEDIRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan sampel dua kelas yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir . Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa t_hitung untuk keaktifan dan hasil belajar siswa masing-masing 2.251 dan 2.176 lebih besar dari pada t_tabel (1.664), yang bearti terdapat perbedaan pada keaktifan dan hasil belajar siswa yang di ajar dengan model Problem Based Learnig (PBL) Dipadukan Dengan Numbered Head Together (NHT). Kata Kunci : Keaktifan, hasil belajar, model Problem Based Learnig (PBL), Numbered Head Together (NHT)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI