PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA BAHASAN EKOSISTEM PADA KELAS VII MTS. NIDHOMIYAH SUROWONO KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
MARIA ULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0051
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran di MTs. Nidhomiyah Surowono masih bersifar teacher center, siswa tampak pasif dan belum berani mengajukan pendapat baik kepada sesama teman maupun langsung kepada guru sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS yang dipadu dengan metode quiz team terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa bahasan ekosistem pada siswa kelas VII MTs. Nidhomiyah Surowono. Penelitian dilakukan secara quasi experiment dengan desain Postest_Only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A berjumlah 38 siswa yang diajar dengan model TPS dipadu dengan metode quiz team dan kelas VII B berjumlah 40 siswa dengan model TPS. Data aktivitas belajar diperoleh dengan lembar observasi aktivitas belajar, sedangkan data hasil belajar diperoleh dengan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan kelas yang diajar dengan model TPS yang dipadu dengan metode quiz team berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:TPS, quiz team, aktivitas belajar, hasil belajar, ekosistem.