EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LOCAL MATRIALS TERHADAP KETERAMPILAN INKUIRI, KETERAMPILAN SOSIAL, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MA AL-KHIDMAH NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK PADA MATERI EKOSISTEM
Author (Penulis)
M. ARDIAN SURYAJI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0050
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran PBL berbasis local materials terhadap keterampilan inkuiri, keterampilan sosial, dan berpikir kritis siswa kelas X MA AL-Khidmah Ngronggot Nganjuk. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Digunakan beberapa instrumen untuk mendukung penelitian ini, yaitu lembar observasi untuk mengetahui keterampilan inkuiri, angket siswa untuk mengukur keterampilan sosial, dan hasil belajar menggunakan rubrik kognitif berupa tes awal dan akhir. Data ditabulasi kemudian dianalisis menggunakan program SPSS 16 for windows yaitu keterampilan inkuiri dan hasil belajar menggunakan uji-t sedangkan keterampilan sosial dianalisis secara diskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan inkuiri kelompok kontrol dengan eksperimen (t.hit= 2,105> 1,688), (2) keterampilan sosial menunjukkan bahwa keterampilan sosial kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.(3) Terdapat perbedaan berpikir kritis kelas kontrol dengan eksperimen (t.hit= 4,081> 1,688). Disimpulkan bahwa model PBL berbasis local materials (memanfaatkan bahan – bahan dan alat di sekitar siswa) efektif untuk meningkatkan keterampilan inkuiri, keterampilan sosial, dan berpikir kritis siswa kelas X MA AL-Khidmah Ngronggot Nganjuk.
Kata Kunci: Model PBL, Keterampilan Inquiri, Keterampilan Sosial, Berpikir Kritis.