MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PERPADUAN METODE INQUIRY DAN RESIPROCAL TEACHING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 7 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

IVAYATUL LAILIL LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0047

Abstract

Memberikan pengalaman langsung pada siswa untuk menemukan, berpikir kritis, maupun menjawab suatu gejala secara ilmiah sangat penting dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Biologi. Namun pada kenyataan dilapangan tidak demikian, hasil wawancara dan observasi siswa dan guru Biologi di SMA Negeri 7 Kediri Kelas XI MIA 5 diketahui bahwa pembelajaran secara ilmiah masih jarang dilakukan dan kemampuan berpikir kritis siswa masil rendah, hal ini dikarenakan pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru dan siswa mengikuti apa yang diajarkan guru saja. Sehingga pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa melalui perpaduan metode Inquiry dan Resiprocal Teaching pada materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kediri, tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus masing-masing memiliki empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan tes. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan perpaduan metode Inquiry dan Resiprocal teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dari observasi awal ke Siklus I sebesar 73,2 menjadi 81 dengan peningkatan persentase siswa yang tuntas adalah 42,5% menjadi 69,7% kemudian terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siklus II menjadi 85,4 dengan persentase siswa yang tuntas adalah 91%. (2) Perpaduan metode Inquiry dan Resiprocal teaching dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa. Peningkatan secara berturut-turut dari data obserasi awal – siklus I - siklus II adalah 34.5% - 59.4% - 69.7%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI