PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI POKOK EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 2 JATIKALEN
Author (Penulis)
IDA KRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0040
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran di SMP Negeri 2 Jatikalen masih menggunakan metode konvesional dan sumber belajar yang digunakan hanya buku paket dan LKS sehingga siswa kurang aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan bahan ajar yang praktis dan efektif agar dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui kelayakan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing. 2). Serta mengetahui respon siswa terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 2 Jatikalen.
Penelitian ini dilakukan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate. Tetapi pada pengembangan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing ini hanya sampai tahap development. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kelayakan modul menggunkan lembar validasi modul berbasis inkuiri terbimbing dan angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan modul. Data yang diambil kemudian dianalisis menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil 59,38 % dengan kriteria cukup layak, ahli teknologi pembelajaran diperoleh 81,4% dengan kriteria sangat layak, praktisi guru IPA diperoleh 74,6% dengan kriteria layak dan respon peserta didik 64,8% dengan kriteria layak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul IPA materi ekosistem berbasis inkuiri terbimbing yang dihasilkan dengan model ADDIE dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar.
KATA KUNCI :Modul, Inkuiri Terbimbing, Ekosistem.