PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIPADU DENGAN METODE EKSPERIMEN BAHASAN GERAK PADA TUMBUHAN TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS PAKEL TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
FETI NUR AINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0036
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dapat menyebabkan pemahaman siswa
terhadap suatu konsep menjadi kurang optimal karena siswa cenderung bekerja secara prosedural
dan menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
terbimbing dipadu dengan metode eksperimen bahasan gerak pada tumbuhan terhadap kemampuan
keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Pakel tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian posttest-
Only control design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 29 siswa dan
kelas VIII B yang berjumlah 28 siswa. Kelas kontrol (metode eksperimen) dan kelas eksperimen
(model inkuiri terbimbing dipadu metode eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes
hasil belajar kognitif dan lembar penilaian keaktifan. Analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif yaitu menentukan presentase ketuntasan belajar dan mean (rerata) kelas. Hasil posttest
diperoleh skor rata-rata kelas kontrol 72,1 dan skor rata-rata kelas eksperimen 80,1. Rata-rata
persentase keaktifan siswa kelas kontrol sebesar 70,10 % dan kelas eksperimen sebesar 77,20%.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran
inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII
MTs. Pakel tahun ajaran 2014/2015 bahasan gerak pada tumbuhan.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, eksperimen, keaktifan, hasil belajar, gerak pada tumbuhan