PERBEDAAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SEMEN KEDIRI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM
Author (Penulis)
FELLA DWI AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0035
Abstract
Pembelajaran IPA Biologi yang dilakukan di kelas VII SMPN 1 Semen Kediri masih kurang bervariasi sehingga siswa cenderung pasif dan menyebabkan hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Model pembelajaran Make A Match pada materi komponen ekosistem di kelas VII SMPN 1 Semen Kediri. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan sampel dua kelas yang diambil secara acak. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa, Keaktifan diukur dengan rubrik penilaian menurut Mulasiwi (2013), Ngatini (2012) dan Sari & Rahardi (2013), sedangkan hasil belajar diukur dengan tes. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan bahwa t_hitung untuk keaktifan dan hasil belajar siswa masing-masing 2.797 dan 4.809 lebih besar dari pada t_tabel (1.9994), yang bearti terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa yang di ajar dengan model Think Pair Share (TPS) dan Make a Match.