PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN INKUIRI, KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN RETENSI SISWA KELAS XI SMAN 6 KEDIRI MATERI SISTEM SYARAF DAN KOORDINASI PADA MANUSIA


Author (Penulis)

FEBRIANA IRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0034

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan inkuiri dan keterampilan metakognisi siswa.Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian non-equivalent control group design pada siswa kelas XI IPA SMAN 6 Kediri yang dilakukan pada tanggal 7 sampai dengan 29 Mei 2015. Instrumen yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu pengukuran keterampilan inkuiri menggunakan rubrik penilaian keterampilan inkuiri proses dan produk serta pengukuran keterampilan metakognisi dalam bentuk tes awal dan tes akhir yang terintegrasi pada tes hasil belajar kognitif. Data ditabulasi kemudian dianalisis menggunakan program spss 16 for windows 2007 yaitu untuk keterampilan inkuiri proses dan keterampilan metakognisi menggunakan uji t sedangkan data inkuiri produk dengan Mann Whitney. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keterampilan inkuiri proses maupun produk antara kelompok kontrol dan perlakuan (?=0,026<0,05 dan ?=0,001<0,05), (2) ada perbedaan keterampilan metakognisi pada kelompok kontrol dan perlakuan (?= 0,000<0,05), (3) keterampilan retensi diuji menggunakan uji-t mendapatkan nilai (?=0.000<0.05) terdapat perbedaan pada kelompok kontrol dan perlakuan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mempengaruhi keterampilan inkuiri, keterampilan metakognisi dan retensi siswa kelas XI IPA SMAN 6 Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI