UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI, KETERAMPILAN INKUIRI, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-IMA MAN PRAMBON NGANJUK MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS LOCAL MATERIALS MELALUI LESSON STUDY (LS) PADA POKOK BAHASAN ANIMALIA
Author (Penulis)
FARIKHA ISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0033
Abstract
ABSTRAK
Farikha Isnawati, 11.1.01.06.0033,Upaya Meningkatkan Keterampilan Metakognisi, Keterampilan Inkuiri, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-IMA MAN Prambon Nganjuk melalui Penerapan Project Based Learning (PjBL) Berbasis Local Materials melalui Lesson Study (LS) pada Pokok Bahasan Animalia
Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Metakognisi, Keterampilan Inkuiri, Hasil Belajar, Local Material, dan Lesson Study
Sesuai dengan sistem pembelajaran kurikulum 2013, kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang bersifat konstruktivistik atau studen centered, dan ditekankan pembelajaran secara berkelompok serta berbasis ICT. Akan tetapi, berdasarkan observasi di MAN Prambon Nganjukpada kelas X ditemukan beberapa permasalahan yaitupembelajaran masih berpusat pada guru (theacher centered), metode yang digunakan monoton yaitu ceramah sehingga tercipta pembelajaran yang bersifat individual (non-cooperative) dan siswa cenderung bersifat pasif. Media yang digunakan hanya berupa LKS saja Setiap guru memberikan pertanyaan kepada siswa, hanya beberapa siswa yang mampu menjawab pertanyaan dan siswa yang memiliki kemampuan di bawah cenderung minder dan diam saja.
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Local Material melalui Lesson Study (LS) dalam meningkatkan keterampilan metakognisi, keterampilan inkuiri, dan hasil belajar siswa Kelas X-IMA MAN Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) mulai bulan Februari sampai dengan Mei 2015 yang dikolaborasikan dengan Lesson Study sebanyak 2 siklus. Teknik pegumpulan data keterampilan metakognisi terintegrasi pada hasil belajar, ketrampilan inkuiri menggunakan lembar observasi ketrampilan inkuiri, dan hasil belajar menggunakan tes soal essay, analisis dilakukan dengan cara deskriptif dengan membandingkan kkm yang telah ditentukan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-IMA MAN Prambon Nganjuk.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi siswa kelas X-IMA dari siklus 1 menuju siklus 2 yaitu 22 siswa mengalami kenaikan keterampilan metakognisi, 9 siswa mengalami penurunan keterampilan metakognisi dan 1 siswa tidak mengalami kenaikan atau penurunan keterampilan inkuiri. Ketrampilan inkuiri siswa dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebanyak 22 siswa mengalami kenaikan ketrampilan inkuiri dan 10 siswa mengalami penurunan. Peningkatan ketuntasan klasikal siklus 1 ke siklus 2 sebesar 47% menjadi 74%.