PENGARUH PENDEKATAN CTL DIPADUKAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMPN 6 KEDIRI
Author (Penulis)
ENDAH MUSTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0030
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran IPA yang dilakukan di kelas VII SMPN 6 Kediri masih kurang bervariasi sehingga siswa cenderung pasif dan menyebabkan hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan CTL dipadukan NHT dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Pencemaran lingkungan di kelas VII SMPN 6 Kediri. Penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain True Eksperimen Design dengan sampel dua kelas yang diambil secara acak. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, Aktivitas belajar siswa diukur dengan rubrik penilaian menurut Mulasiwi (2013), Ngatini (2012) dan Mufidah (2013), sedangkan hasil belajar diukur dengan tes. Hasil analisis menggunakan uji t menunjukkan bahwa t-hitung untuk aktivitas siswa dan hasil belajar siswa masing-masing 4.638 dan 6.866 lebih besar dari pada t-tabel (1.6698), yang berarti terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model CTL dipadukan NHT.
Kata Kunci: Aktivitas belajar , Hasil belajar siswa, CTL dipadukan NHT