PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMEN KEDIRI
Author (Penulis)
ELISA MAR'ATUL AFIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0028
Abstract
Pembelajaran saat ini masih bersifat teacher centered atau berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dan berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran menggunakan model NHT dan role playing pada materi sistem pernapasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen. Penelitian dilakukan secara quasi exsperiment dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A berjumlah 38 siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan kelas VIII C berjumlah 38 siswa dengan model pembelajaran role playing. Parameter yang diamati adalah hasil belajar siswa diukur dengan posttest dan aktivitas siswa, diukur dengan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan uji t independent dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh Sig. (2-tailed) 0,00 yang berarti terdapat perbandingan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajarkan menggunakan model NHT dan role playing. Hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT menunjukkan hasil yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran role playing.