PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DITA DWI SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0023
Abstract
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA POKOK BAHASAN EKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
DITA DWI SARI
11.1.01.06.0023
FKIP-Prodi Pendidikan Biologi
Sharytwo.ditatha@gmail.com
Budhi Utami dan Sulistiono
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 8 Kediri masih dilakukan secara konvensional dan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan ekologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Quasi Exsperiment dengan non equivalent control group design dengan sampel berjumlah 64 siswa, terdiri dari 32 siswa kelas X3 diajar dengan pembelajaran konvensional dan 32 siswa kelas X2 diajar dengan model pembelajaran PBL. Parameter yang diamati adalah kemampuan berpikir analitis yang diukur dengan test kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar yang diukur dengan posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji t. Hasil Uji t kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar didapatkan Sig 2 tailed (0,000) < 0,05 yang berarti ada perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir analitis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dan model PBL. Kemampuan berpikir analitis dan hasil belajar siswa yang diajar dengan PBL lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan konvensional.
Kata Kunci
Model Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, kemampuan berpikir analitis, Ekologi