Perbandingan Metode Eksperimen dan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Daur Ulang Limbah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kediri
Author (Penulis)
DIAH ARIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0022
Abstract
Proses pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, interaksi antara siswa dan guru kurang terjalin dan pemahaman siswa terhadap materi kurang, sehingga hasil belajar dan keaktifan siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan menerapkan metode eksperimen dan metode inkuiri pada materi daur ulang limbah pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Kediri. Penelitian dilakukan secara quasi exsperimen dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-3 berjumlah 30 siswa diajarkan dengan metode eksperimen dan kelas X-1 berjumlah 30 siswa diajar dengan metode inkuiri. Parameter yang diamati adalah hasil belajar siswa diukur dengan posttest dan keaktifan siswa diukur dengan lembar observasi keaktifan siswa. Data hasil belajar diperoleh dengan posttest, sedangkan keaktifan siswa diperoleh dengan lembar observasi keaktifan siswa. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan uji t independent dengan taraf signifikasi 5% dan diperoleh Sig. (2-tailed) 0,00 yang berarti terdapat perbandingan hasil belajar dan keaktifan siswa yang diajarkan menggunakan metode eksperimen dan metode inkuiri. Hasil belajar dan keaktifan siswa yang diajar dengan metode eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan metode inkuiri.