PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) YANG DI PADU DENGAN CONCEPT MAPPING BERBASIS LOKAL MATERIAL MELALUI LESSONSTUDY (LS) UNTUKMENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI, KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH, DANPEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X-I IPA SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN/IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH
Author (Penulis)
DESY ERISTA WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0020
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan Metakognisi, Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Pemahaman Konsep merupakan point yang kurang pada siswa kelas X-1 IPA SMA Muhammadiyah Kediri sedangkan ketiga variabel tersebut sangat diperlukan dalam diri tiap siswa, penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan Keterampilan Metakognisi, Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Pemahaman Konsep yang jarang ditonjolkan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu peneliti mencoba menggabungkan dua model pembelajaran yang berupa Group Investigation (GI) dan Concept Mapping pada siswa kelas X-1 IPA SMA Muhammadiyah Kediri dengan harapan membantu meningkatkan media pembelajaran yang rendah dengan menggunakan material lokal yang ada di sekitar sekolah.
Dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran GI dipadu dengan Concept Mapping berbasis Local Material melalui Lesson Study ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan metakognisi, kemampuan argumentasi ilmiah, dan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan persentase nilai rata-rata yang terjadi pada keterampilan metakognisi dari siklus I ke siklus II 10% pada kategori Baik sekali, selanjutnya pada kategori Baik siklus I ke II tidak ada peningkatan (tetap) 0%, setelah itu pada kategori berkembang mengalami penurunan 7%, kemudian pada kategori kurang siklus I ke siklus II mengalami penurunan 1%. Peningkatan persentase nilai rata-rata yang terjadi pada kemampuan argumentasi ilmiah 2,21% dari siklus I sebesar 82,11% ke silkus II sebesar 84,32%. Peningkatan persentase nilai rata-rata yang terjadi pada hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 13% ke siklus II sebesar 15%.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas X-1 IPA SMA Muhammadiyah Kediri dengan model pembelajaran GI yang dipadu dengan Concept Mapping untuk meningkatkan tiga variabel yaitu keterampilan metakognisi, kemampuan argumentasi ilmiah, serta pemahaman konsep siswa dapat dikatakan berhasil, karena peningkatan tiga variabel dari siklus I ke siklus ke II menunjukan presentase yang tinggi.
Kata Kunci:Keterampilan Metakognisi, Kemampuan Argumentasi Ilmiah, Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Group Investigation yang dipadu Concept Mapping