PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 5 KEDIRI
Author (Penulis)
ASRI PURWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0013
Abstract
Pembelajaran di SMA Negeri 5 Kediri masih bersifat teacher center, siswa kurang aktif dan belum berani mengajukan pendapat baik kepada semua teman maupun langsung kepada guru, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan Jigsaw pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 5 Kediri. Penelitian ini dilakukan secara quasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel kelas X1 berjumlah 32 diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan kelas X3 berjumlah 30 siswa dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan essay. Data aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS for windows versi 20,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X1 dan X3 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw lebih baik di bandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI).