PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMPN 2 PAPAR KEDIRI


Author (Penulis)

ARLY DIAH RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0011

Abstract

Pembelajaran biologi di SMP Negeri 2 Papar, khususnya kelas VII didalam proses pembelajarannya guru sulit melibatkan siswa secara aktif dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Akibatnya motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas vii SMP Negeri 2 papar Kediri. Penelitian dilakukan secara quasi exsperiment dengan desain posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A berjumlah 34 siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dan kelas VII-C berjumlah 34 siswa yang diajar menggunakan model TPS. Parameter yang diamati adalah motivasi belajar siswa diukur dengan lembar angket motivasi siswa, sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t independent dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh Sig. (2-tailed) 0,00 yang berarti terdapat perbandingan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model NHT dan TPS. Motivasi dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT menunjukkan hasil yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI