PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 5 KEDIRI
Author (Penulis)
ANITA KARLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0008
Abstract
Pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 5 Kediri masih dilakukan secara konvensional dan berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Number Head Together (NHT) pada Materi Ekosistem Siswa kelas X SMA Negeri 5 Kediri. Penelitian dilakukan secara exsperiment dengan posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas X5 yang diajar dengan pembelajaran GI dan 32 siswa kelas X4 yang diajar dengan model pembelajaran NHT. Parameter yang diamati adalah hasil belajar siswa yang diukur dengan posttest dan aktivitas siswa yang diukur dengan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji t, Hasil perhitungan Uji t hasil belajar dan aktivitas siswa beturut-turut adalah 3,983 dan 5,740 dengan sig 2-tilled 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajarkan menggunakan model GI dan NHT. Hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT menunjukkan hasil yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran GI.