PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN TERRHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SEMEN KEDIRI


Author (Penulis)

ANDY BAGUS ALFIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0006

Abstract

Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPA rendah, karena proses pembelajaran yang dilakukan lebih didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model bermain peran di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Semen, Kediri. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart (1992) yang terdiri dari dua siklus, setiap sikus terdiri dari 4 tahap, yaitu: rencana tindakan, pengamatan, refleksi. Aktivitas pembelajaran diukur dengan menggunakan rubrik (Supinah, 2009), meliputi: memperhatikan, bertanya, mencatat, mendengarkan, menjelaskan, berpikir kompleks, bertanya, memproses informasi, berkomunikasi, bekerja sama, berdaya nalar efektif/ disiplin diri, sedangkan hasil belajar diukur dengan menggunakan norma keputusan hasil belajar siswa menggunakan kriteria rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya aktivitas siswa sebesar 12, 8 % yang diperoleh dari siklus I sebesar 71,8 % menjadi 84,6 % pada siklus II, sedangkan hasil belajar meningkat sebesar 2,2 % yang di peroleh dari siklus I dengan nilai rata-rata 77,1 menjadi 79,3 pada siklus II, karena siswa sudah lebih terbiasa dengan modal bermain peran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI