PENGARUH MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BENTUK SALING KETERGANTUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ANA YUNITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.06.0004

Abstract

Abstrak ANA YUNITA : Pengaruh Model Number Heads Together (NHT) dengan Media Gambar Seri Terhadap Hasil Belajar Materi Bentuk Saling Ketergantungan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Biologi, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: model Number Heads Togerher, media gambar seri, hasil belajar Hasil observasi selama PPL di SMP Negeri 5 Kediri menunjukkan fakta bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPA relatif rendah karena kegiatan pembelajaran masih di dominasi dengan ceramah, tanya jawab, dan guru jarang sekali menggunakan model pembelajaran yang baru, selain dikarenakan proses pembelajaran yang masih cenderung monoton motivasi siswa dalam belajar juga masih terlihat rendah, seperti siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru dan berbicara sendiri dalam proses belajar mengajar. Siswa juga kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar terlihat dari kurangnya interaksi antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model Number Heads Togerher dengan media gambar seri dan model Number Heads Togerher tanpa media pembelajaran pada materi bentuk saling ketergantungan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri. Penelitian ini dilakukakan menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Posttest Only Control Design menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII A diajar dengan model Number Heads Togerher dengan media gambar seri dan kelas VII C diajar dengan model Number Heads Togerher tanpa media. Parameter yang diamati adalah hasil belajar kognitif, psikomotor dan afektif. Hasil belajar kognitif diukur dengan posttest, sedangkan hasil belajar psikomotor dan afektif berturut-turut diukur dengan rubrik penilaian psikomotor dan rubrik penilaian afektif. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan uji t independent taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model Number Heads Togerher dengan media gambar seri menunjukkan hasil nilai kognitif, psikomotor dan afektif yang lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model Number Heads Togerher tanpa media.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI