PENGARUH MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BENTUK SALING KETERGANTUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ANA YUNITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.06.0004
Abstract
Abstrak
ANA YUNITA : Pengaruh Model Number Heads Together (NHT) dengan
Media Gambar Seri Terhadap Hasil Belajar Materi Bentuk Saling
Ketergantungan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran
2014/2015, Skripsi, Pendidikan Biologi, FKIP UN PGRI Kediri, 2015.
Kata kunci: model Number Heads Togerher, media gambar seri, hasil belajar
Hasil observasi selama PPL di SMP Negeri 5 Kediri menunjukkan fakta
bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPA relatif rendah karena kegiatan
pembelajaran masih di dominasi dengan ceramah, tanya jawab, dan guru jarang
sekali menggunakan model pembelajaran yang baru, selain dikarenakan proses
pembelajaran yang masih cenderung monoton motivasi siswa dalam belajar juga
masih terlihat rendah, seperti siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru
dan berbicara sendiri dalam proses belajar mengajar. Siswa juga kurang aktif
dalam kegiatan belajar mengajar terlihat dari kurangnya interaksi antara siswa
dengan guru maupun siswa dengan siswa. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model
Number Heads Togerher dengan media gambar seri dan model Number Heads
Togerher tanpa media pembelajaran pada materi bentuk saling ketergantungan
siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri. Penelitian ini dilakukakan menggunakan
eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Posttest Only Control Design
menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua
kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII A diajar dengan model Number
Heads Togerher dengan media gambar seri dan kelas VII C diajar dengan model
Number Heads Togerher tanpa media. Parameter yang diamati adalah hasil belajar
kognitif, psikomotor dan afektif. Hasil belajar kognitif diukur dengan posttest,
sedangkan hasil belajar psikomotor dan afektif berturut-turut diukur dengan rubrik
penilaian psikomotor dan rubrik penilaian afektif. Data yang didapatkan
selanjutnya dianalisis dengan uji t independent taraf signifikasi 5%. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model Number Heads
Togerher dengan media gambar seri menunjukkan hasil nilai kognitif, psikomotor
dan afektif yang lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model Number
Heads Togerher tanpa media.