PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL


Author (Penulis)

ELSA OKTAVINI PARANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0224

Abstract

Elsa Oktavini Paranti. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional yaitu proses belajar mengajarnya menekankan pada ceramah guru, mengerjakan soal, hafalan sehingga menyebabkan siswa kurang aktif serta kurang pemahaman dalam konsep yang telah diajarkan. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel? (2) Bagaimanakah pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-experimental bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Sebelum dilakukan uji t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas varians. Dari hasil analisis data, diperoleh rata – rata nilai tes siswa sebelum menggunakan model pembelajaran TAI=47,4 dan rata – rata nilai tes siswa sesudah menggunakan model pembelajaran TAI=80,7. Dari perhitungan uji t diperoleh thitung=11,43 dan ttabel dengan df/db=29 diperoleh angka 2,045 untuk taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : (1) Sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebagai alternatif pembelajaran matematika (2) Hendaknya siswa lebih aktif dalam penerapan model pembelajaran TAI. Kata Kunci : kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), pemahaman konsep

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI