KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING


Author (Penulis)

ZAKIYATUL MISKIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0223

Abstract

ABSTRAK Zakiyatul Miskiyah. Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching.Skripsi.Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2016. Kemampuan komunikasi matematik siswa merupakan bagian yang sangat penting, karena selain untuk melatih kognitif siswa, siswa juga dilatih untuk mengkomunikasikan secara lisan dari permasalahan yang diberikan.Oleh karena itu, diperlukan sebuah penelitian yang mengkaji tentang kemampuan komunikasi matematik siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching ? (2) Bagaimana kemampuan komunikasi matematik siswa setelah dilakukan model pembelajaran reciprocal teaching ? (3) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran reciprocal teaching ? Jenis penelitian yang digunakan One-Shot Case Study.Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching.Sedang variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematik dan angket respon siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Ngadiluwih Tahun 2015/2016.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Ngadiluwih yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpul data antara lain RPP, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan komunikasi matematik siswa dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi data. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) keterlaksanaan pembelajaran selama proses pembelajaran menggunakan model Reciprocal Teaching dalam kategori baik dengan prosentase nilai rata- rata 80%, Maka pembelajaran dikatakan baik. Hal ini menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat dikatakan sudah sesuai dengan RPP yang telah disusun, (2) kemampuan komunikasi matematika tinggi mencapai 7 orang atau sekitar 23,3% dari subjek yang diteliti, kemampuan komunikasi matematika sedang mencapai 14 orang atau sekitar 46,7 % dari subjek yang diteliti, kemampuan komunikasi matematika rendah mencapai 9 orang atau sekitar 30 % dari subjek yang diteliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk kemampuan komunikasi matematika di kelas XI IPS-1 masih tergolong kemampuan sedang (3) respon siswa terhadap pembelajaran Reciprocal Teaching sangat baik, hal ini didasarkan pada perolehaan rata-rata persentase angket respon siswa adalah 86,91% berada pada kategori sangat baik. Kata kunci : komunikasi matematik, Reciprocal Teaching

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI