PENGARUH METODE PEMBELAJARAN IMPROVE DENGAN PENGGUNAAN KEPALA BERNOMOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI APK 1 SMK PEMUDA PAPAR TAHUN AJARAN 2015 / 2016 PADA POKOK BAHASAN MATRIKS


Author (Penulis)

YUNITA MEGASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0222

Abstract

Yunita Megasari : Pengaruh Metode Pembelajaran Improve Dengan Penggunaan Kepala Bernomor Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI APK 1 SMK Pemuda Papar Tahun Ajaran 2015 / 2016 Pada Pokok Bahasan Matriks, Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016, Pembimbing : (1) Aprilia Dwi Handayani, S.Pd M.Si, (2) Drs. Darsono M.Kom Kata Kunci : IMPROVE, KepalaBernomor, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta dilapangan yang menyatakan bahwa sedikit sekali siswa yang berminat untuk belajar matematika, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa Hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang masih monoton dan kurang bervariatif, yang menyebabkan kejenuhan pada siswa sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran IMPROVE dengan penggunaan kepala bernomor terhadap hasil belajar siswa (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru selama pembelajaran menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan penggunaan kepala bernomor (3) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan penggunaan kepala bernomor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI APK 1 SMK Pemuda Papar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai rata – rata kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan metode IMPROVE mengalami peningkatan yaitu dari rata – rata kelas kontrol adalah 69,10 meningkat menjadi 87,07 pada kelas eksperimen (2) Perolehan persentase aktivitas guru pertemuan 1 sebesar 72% dan terletak antara 51% - 75% termasuk dalam kategori baik. Dalam pertemuan 2 dan pertemun 3 memperoleh persentase sebesar 90% dan 100% termasuk dalam kategori sangat baik yakni antara 76% - 100%. (3) perolehan persentase aktivitas siswa pada pertemuan 1 sebesar 69% dan terletak pada kategori baik antara 51 %. – 75 %. Pada pertemuan 2 memperoleh persentase sebesar 78% dan terletak antara 76% - 100%. Pada pertemuan 3 memperoleh persentase sebesar 90% dan masuk kategori sangat baik antara 76% - 100%. Dari kesimpulan terbukti ada pengaruh hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen serta menunjukkan bahwa penggunaan Metode IMPROVE dengan oenggunaan kepala bernomor mendapatkan respon baik dari siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI