EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GROGOL MATERI OPERASI ALJABAR


Author (Penulis)

YENI ERNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0220

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Langsung, model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan model pembelajaran GI (Group Investigation) pada materi operasi aljabar, (2) untuk mengetahui manakah yang lebih baik hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning) dan model pembelajaran GI (Group Investigation). Metode penelitian ini adalah eksperimental semu dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diambil tiga kelas. Kelas pembanding yaitu kelas VIII – E menggunakan model pembelajaran langsung, kelas eksperimen satu yaitu kelas VIII – F menggunakan model pembelajaran GI(Group Investigation) dan kelas eksperimen dua yaitu kelas VIII – G menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar matematika. Uji prasarat analisis menggunakan uji Liliefors untuk uji normalitas, metode Bartlett untuk uji homogenitas serta uji analisis variasi (anava) satu jalan dengan sel tak sama. Hasil analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama diperoleh ? F?_obs=28,6 dan F_tabel=3,00. Sehingga F_obs>Dk. Hal ini berarti model pembelajaran langsung, GI (Group Investigation), dan PBL (Problem Based Learning) memberikan hasil yang berbeda. Dan Hasil uji komprasi ganda diperoleh F_(2-3)=15,95 dan F_tabel=6,00 sehingga F_(2-3)> F_tabel dengan keputusan uji H_0ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan rerata hasil belajar matematika dengan model pembelajaran GI (Group Investigation) dan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Jika dilihat dari nilai rerata hasil belajar matematika dengan model pembelajaran PBL(Problem Based Learning) yaitu 77,62 dan model pembelajaran GI (Group Investigation) yaitu 68,25. Maka hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran PBL (Problem Based Learning) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran GI (Group Investigation). Kata Kunci: langsung, group investigasi, problem based learning, hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI