PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN DOMINO MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP N 1 SEMEN TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

WIDYA SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0218

Abstract

ABSTRAK Widya Susanti: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Domino Matematika Terhadap Hasil Belajar Materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP N 1 Semen Tahun 2015/2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Desember, 2015. Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Bilangan Pecahan. Penelitian ini di latarbelakangi oleh fakta bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di SMP N 1 Semen adalah berpusat pada guru dan lebih mementingkan hasil belajar daripada aktivitas atau proses yang dilakukan saat pembelajaran. Keadaan itu tidak memberikan pengalaman pada siswa sehingga pembelajaran kurang bermakna serta hasil belajar rendah. Permasalahan penelitian adalah (1) Adakah perbedaan aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Project Based Learning dengan domino matematika dan model pembelajaran konvensional materi Bilangan Pecahan kelas VII SMP N 1 Semen Tahun 2015/2016? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning menggunakan domino matematika terhadap hasil belajar materi Bilangan Pecahan kelas VII SMP N 1 Semen Tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan posttest-only control design. Variabel bebas penelitian adalah model Project Based Learning menggunakan domino matematika dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Sampel penelitian, siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisa data nilai aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran project based learning adalah 73% sedangkan pada model konvensional nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 61% dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas belajar Sementara analisis data hasil belajar siswa menggunakan SPSS versi 20.0 menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dengan taraf signifikan 5% dan derajad kebebasan (df) 38 nilai t hitung sebesar 2,325. Nilai t tabel sebesar 2,024. Karena 2,325?2,024 maka terima H1 tolak H0 yang berarti Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning menggunakan domino matematika terhadap hasil belajar materi bilangan pecahan kelas VII SMP N 1 Semen tahun 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI