EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT CENTERED LEARNING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

WAHYU OKTARIANA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0216

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan kenyataan bahwa variasi pembelajaran matematika yang digunakan guru masih sedikit dan peserta didik pun belum dibiasakan melatih kemampuan berpikir kreatifnya secara optimal. Pembelajaran yang didominasi metode ceramah dan latihan-latihan soal untuk dipecahkan bersama mengakibatkan peserta didik yang tampak jenuh dan beraktifitas semaunya yang akhirnya mengganggu kegiatan belajar. Peserta didik juga kekurangan waktu untuk berdiskusi saat pembelajaran, sehingga kurangnya keterbukaan berpikir saat mengerjakan soal menjadikan peserta didik beranggapan bahwa hanya ada satu penyelesaian dan cara menyelesaikan masalah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran kooperatif student centered learning yang dikombinasikan dengan pendekatan open-ended dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif student centered learning yang dikombinasikan dengan pendekatan open-ended efektif diterapkan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian True Experimental Design menggunakan rancangan posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes evaluasi, uji hipotesis analisis uji t-test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif student centered learning yang dikombinasikan dengan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel menunjukkan pengaruh yang sangat signifikan, dimana kelas yang diberikan perlakuan tersebut mempunyai kemampuan berpikir kreatif lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diberikan model pembelajaran langsung. (2) Dari data yang diperoleh, model pembelajaran kooperatif student centered learning yang dikombinasikan dengan pendekatan open-ended efektif diterapkan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Selain dari data yang diperoleh, peneliti bisa mengatakan efektif berdasarkan pada hasil analisis uji t-test diperoleh thitung = 4,0414 > ttabel = 1,671 untuk taraf signifikan 5% dengan df = 58 yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Student Centered Learning, Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI