EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK ALJABAR
Author (Penulis)
ULFA NIKMATUL KHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0213
Abstract
Abstrak
ULFA NIKMATUL KHASANAH : Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Aljabar
Kata Kunci : Reciprocal Teaching, pemahaman konsep
Berdasarkan hasil pengamatan di MTs Miftahul Huda Wates, siswa di kelas VII – C mengalami pemahaman terhadap konsep Aljabar yang kurang baik. Untuk membantu pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep maka dipilih model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar matematika pada materi pokok aljabar kelas VII di MTs Miftahul Huda Wates? Bagaimana pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal teaching pada materi pokok aljabar kelas VII di MTs Miftahul Huda Wates? Apakah model pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Wates?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah pre ekperimental designs.untuk analisis data penelitian menggunakan teknik analisis statistik parametik.
Hasil Penelitian Aktivitas belajar siswa kelas VII – C MTs Miftahul Huda Wates, yang melakukan pembelajaran menggunakan model Reciprocal Teaching presentase klasikal mencapai 79,33% atau dalam klasikal kategori baik. Sehigga dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching memenuhi efektivitas. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil posttest lebih baik dari pada pretest. Berarti dalam hal ini, pemahaman siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi pokok aljabar. Berdasarkan perhitungan uji t-test of related maka diperoleh thitung = 8,966 dan ttabel = t0,05;24 = 1,711 sehingga thitung ? ttabel. Ini berarti model Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi pokok aljabar di MTs Miftahul Huda Wates.