MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) PADA MATERI PEMFAKTORAN ALJABAR
Author (Penulis)
TRI ASINTANING SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0210
Abstract
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO
STRAY (TS-TS) PADA MATERI PEMFAKTORAN
ALJABAR
Tri Asintaning Sari
11.1.01.05.0210
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Program Studi Pendidikan Matematika
imutsinta20@ymail.com
Dr. Suryo Widodo, M.Pd. dan Bambang Agus Sulistyo, M.Si.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar siswa yang rendah pada materi pemfaktoran aljabar. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 2 tujuan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa materi penfaktoran aljabar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray diMTs Al-Khidmah Ngronggot tahun ajaran 2015-2016.(2) Untuk mengetahui Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pemfaktoran aljabar di MTs Al-Khidmah Ngronggot tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan tes hasil belajar siswa melaluipre test dan post test.
Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Pada pertemuan pertama prosentase ketuntasan siswa secara klasikal menunjukkan 51,67 % dalam kategori belum berhasil dan pada pertemuan kedua menunjukkan 88,3 % dalam kategori berhasil. (2) menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C MTs Al-Khidmah Ngronggot Nganjuk pada subbab pemfaktoran aljabar pada tahun pelajaran 2015-2016.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Dan Pemfaktoran Aljabar.
?