METODE DEMONSTRASI BERBASIS IT UNTUK MENGEMBANGKAN REASONING HABIT PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 GROGOL
Author (Penulis)
TITO DANANG PRASTYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0208
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Grogol masih mengalami masalah. Nilai pelajaran matematika peserta didik masih dianggap kurang, hal itu disebabkan karena peserta didik menganggap matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit. Nilai-nilai suatu mata pelajaran yang masih dianggap rendah dipandang sebagai kurangnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap mata pelajaran dan kurangnya kemampuan guru yang mengajarkan mata pelajaran tersebut.
Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi berbasis IT pada peserta didik? (2) Bagaimanakah reasoning habit peserta didik pada pembelajaran dengan metode demonstrasi? (3) Bagaimana aktivitas peserta didik dalam menggunakan metode pembelajaran demonstrasi berbasis IT?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan objek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes evaluasi, dan wawancara.