METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN ¬REASONING HABIT DAN SENSE MAKING PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 GROGOL
Author (Penulis)
SYAHRONI ANWAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0207
Abstract
ABSTRAK
SYAHRONI ANWAR: Metode PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Matematika Dalam Mengembangkan ¬Reasoning Habit Dan Sense Making Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Grogol
Kata kunci: PBL (Problem Based Learning), Reasoning Habit, Sense Making.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Grogol masih mengalami masalah. Nilai pelajaran matematika peserta didik masih dianggap kurang, hal itu disebabkan karena peserta didik menganggap matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit. Nilai-nilai suatu mata pelajaran yang masih dianggap rendah dipandang sebagai kurangnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap mata pelajaran dan kurangnya kemampuan guru yang mengajarkan mata pelajaran tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan objek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes evaluasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengambilan subjek penelitian dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat kemampuan tinggi, tingkat kemampuan sedang, dan tingkat kemampuan rendah. Dimana subjek tersebut digunakan dalam sampel penelitian
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas peserta didik dengan metode problem based learning sangat baik. Dengan demikian indikator guru sesuai sintak pembelajaran memenuhi kriteria baik. Sedangkan reasoning habit dan sense making peserta didik secara umum tergolong kategori baik