Representasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Berbasis Media Adobe Flash Cs 3 Actionscript 2.0 Pada Materi Geometri di MI Al Irsyad Kota Kediri


Author (Penulis)

SITI ROHMANIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0204

Abstract

ABSTRAK Siti Rohmaniah: Representasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Berbasis Media Adobe Flash Cs 3 Actionscript 2.0 Pada Materi Geometri di MI Al Irsyad Kota Kediri, Skripsi, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Representasi Matematis, Adobe Flash Cs 3 Actionscript 2.0. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Bahwa matematika dipandang pelajaran yang sulit, membingungkan seperti inilah yang sekarang banyak terjadi di sekolah – sekolah. Guru masih banyak menggunakan metode ceramah dalam pengajarannya. Dengan menggunakan metode ceramah, guru hanya mentransfer ilmu. Pengetahuan yang dimiliki oleh siswa hanya sebatas yang disampaikan guru sehingga kemampuan berfikir siswa tidak dapat berkembang secara optimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah representasi matematis siswa pada pembelajaran Geometri siswa kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri dengan media Adobe Flash CS 3 ActionScript 2.0 ? (2) Bagaimanakah pembelajaran Geometri dengan media Adobe Flash CS 3 Action Script 2.0 pada siswa kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VA Mi Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Teknik pengambilan datanya yaitu dengan cara observasi, wawancara dan tes evaluasi. Perangkat yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) dan instrument yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan murid, pedoman wawancara dan lembar tes evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Representasi matematis siswa pada pembelajaran Geometri dengan media Adobe Flash CS 3 ActionScript 2.0 secara umum berada pada kategori baik. Sehingga memicu siswa dalam menyelesaikan masalah, memvisualisasikan gambar dan memahami konsep. (2) Pembelajaran Geometri dengan media Adobe Flash CS 3 Action Script 2.0 di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri secara umum terlaksana dengan baik. Pembelajaran menggunakan media Adobe Flash CS 3 Action Script 2.0 dapat membantu siswa untuk memahami masalah, menvisualisasikan gambar dan memahami konsep dengan baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan representasi matematis siswa pada pembelajaran geometri dengan media Adobe Flash CS 3 ActionScript 2.0 adalah memicu siswa dalam menyelesaikan masalah, memvisualisasikan gambar dan memahami konsep dengan mudah. (2) Pembelajaran geometri dengan media Adobe Flash CS 3 Action Script 2.0 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan kurang dapat memiliki kesempatan yang sama untuk memecahkan masalah sendiri sehingga diharapkan siswa memiliki ketrampilan dalam menyelesaikan masalah matematika maupun dalam kehidupan sehari – hari.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI