Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMPN 1 Baron Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

SITI RAHAYU ARIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0203

Abstract

Abstrak Siti Rahayu Arianti : Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMPN 1 Baron Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci :Metode Inkuiri, Hasil Belajar Matematika, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMPN 1 Baron masih didominasi oleh peran guru. Hal tersebut terlihat dari kurang aktifnya siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada satu materi pelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Metode Ekspositori pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMPN 1 BARON tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Metode Inkuiri pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMPN 1 BARON tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh Metode Inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMPN 1 BARON tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-C dan VIII-F SMPN1 Baron. Penelitian dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, menggunakan instrument berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Hipotesis yang diajukan adalah “Ada pengaruh metode Inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII SMPN 1 Baron tahun pelajaran 2015/2016.”. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh df 58, nilai t-hitung sebesar 5,575 dan sig. (2 tailed) 0,000. Karena sig. (2 tailed) = 0.000 < taraf signifikan 0.05, dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa: (1) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi sistem persamaaan linier dua variabel kelas VIII SMPN 1 BARON tahun ajaran 2015/2016 masih rendah dengan menggunakan metode pembelajaran Ekspositori (2) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada materi system persamaaan linier dua variabel kelas VIII SMPN 1 BARON tahun ajaran 2015/2016 cukup baik dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri (3)Ada pengaruh metode Inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII SMPN 1 Baron tahun pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI