PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KAJIAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII MTSN TANJUNGTANI PRAMBON TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI NURFAJAR RIZKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0202

Abstract

ABSTRAK Siti Nurfajar Rizki: Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Materi Kajian Bilangan Bulat Siswa Kelas VII MTsN Tanjungtani Prambon Tahun 2015/2016. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil kurikulum 2013 dan pengamatan terdahulu menyatakan bahwa pada pembahasan materi matematika terutama pada penyelesaian soal cerita, siswa cenderung bosan dan kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung. Peneliti memilih menggunakan model PBL dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari kemampuan guru, aktivitas belajar siswa, minat belajar siswa, dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat dengan model PBL? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa di kelas pada saat proses belajar matematika dengan model PBL? (3) Bagaimana minat belajar siswa terhadap materi bilangan bulat jika diterapkan model PBL? (4) Apakah hasil belajar matematika siswa lebih baik dengan menerapkan model PBL, dibandingkan tanpa menggunakan model PBL pada materi bilangan bulat di MTsN Tanjungtani Prambon? Hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dikelas mengalami peningkatan pada tiap pertemuan, rata-rata dari empat pertemaun pada kelompok eksperimen mencapai 95%. Hasil analisis aktivitas belajar siswa prosentasenya selalu mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Dengan prosentase berturut-turut selama 4 pertemuan 19,23%, 23,08%, 26,44% dan 31,65%. Dari analisis data angket yang didapatkan yaitu ada 25 siswa yang kriteria minat belajarnya sangat minat, sedangkan 2 diantaranya kurang minat. Dengan demikian minat belajar siswa dikategorikan sangat berminat dengan pembelajaran matematika menggunakan model PBL.Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar siswa menyatakan bahwa t-hitung (8,7001421279) lebih besar dari t-tabel (2,007583728) yang memiliki taraf signifikan 5% sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan kesimpulan hasil belajar matematika siswa lebih baik dengan menerapkan model PBL, dibandingkan tanpa model PBL pada materi bilangan bulat di MTsN Tanjungtani Prambon. Dengan perolehan hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa (1) guru telah melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam pelaksanaan model PBL dengan sangat baik. (2) aktivitas belajar siswa pada materi bilangan bulat dengan menggunakan model PBL telah dilaksanakan dengan sangat baik. (3) berdasarkan analisis data hasil angket minat belajar siswa dapat di katakan bahwa model PBL memberi pengaruh positif terhadap minat belajar siswa, sehingga di simpulkan bahwa siswa sangat berminat belajar dengan menggunakan model PBL pada materi bilangan bulat. (4) hasil belajar matematika siswa lebih baik dengan menerapkan model PBL, dibandingkan tanpa model PBL pada materi bilangan bulat di MTsN Tanjungtani Prambon.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI