PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KERTOSONO TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI NUR JANATUN NAIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0201

Abstract

Siti Nur Janatun Naim : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016. Pembimbing: (1) Drs. Darsono, M.Kom, (II) Yuni Katminingsih, S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kesulitan guru dalam mengajar siswa agar mudah dalam mengerjakan soal cerita. Kesulitan ini biasa muncul karena paradigma bahwa jawaban akhir sebagai satu-satunya tujuan dari pemecahan masalah. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL sangat cocok karena pada model ini siswa dilatih untuk mandiri dalam menyelesaikan sebuah masalah dengan langkah-langkah yang benar agar mendapatkan hasil akhir yang benar juga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kertosono? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kertosono? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kertosono. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan the one group pretest-posttest design, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, tes kemampuan pemecahan masalah sdan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bentuk aljabar SMP Muhammadiyah 2 Kertosono tahun ajaran 2015/2016 (2) Ada pengaruh signifikan dalam penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kertosono tahun ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI