PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KERTOSONO TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SITI NUR JANATUN NAIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0201
Abstract
Siti Nur Janatun Naim : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016. Pembimbing: (1) Drs.
Darsono, M.Kom, (II) Yuni Katminingsih, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kesulitan guru dalam mengajar siswa agar mudah
dalam mengerjakan soal cerita. Kesulitan ini biasa muncul karena paradigma bahwa jawaban akhir
sebagai satu-satunya tujuan dari pemecahan masalah. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL sangat
cocok karena pada model ini siswa dilatih untuk mandiri dalam menyelesaikan sebuah masalah dengan
langkah-langkah yang benar agar mendapatkan hasil akhir yang benar juga.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bentuk aljabar kelas
VII SMP Muhammadiyah 2 Kertosono? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL)terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah 2
Kertosono?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kertosono. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan the
one group pretest-posttest design, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, tes kemampuan
pemecahan masalah sdan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah
menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based
Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bentuk aljabar SMP Muhammadiyah 2
Kertosono tahun ajaran 2015/2016 (2) Ada pengaruh signifikan dalam penerapan model pembelajaran
PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP
Muhammadiyah 2 Kertosono tahun ajaran 2015/2016.