PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN METODE GASING PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS III MI ISLAMIYAH MUNENG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI NUR HANIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0200

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Haniyah, Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Metode Gasing Pada Materi Pembagian Kelas III MI Islamiyah Muneng Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Matematika, FKIP UN PGRI Kediri. 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa mata pelajaran matematika dianggap pelajaran yang sulit bagi siswa sehingga menyebabkan siswa kurang .termotivasi dalam belajar matematika dan berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode Gasing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Islamiyah Muneng pada mata pelajaran matematika ? (2) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode Gasing pada materi pembagian kelas III MI Islamiyah Muneng ? (3) Apakah penerapan model Team Assited Individualization (TAI) dengan metode Gasing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Islamiyah Muneng pada materi pembagian ? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Islamiyah Muneng, Purwoasri, Kediri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode Gasing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Islamiyah Muneng pada materi pembagian terbukti dari hasil penelitian pada siklus I sebesar 52,63% menjadi 78,63% pada siklus II. (2) Kemampuan guru dalam menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI) cukup mampu dilihat dari hasil penelitian dari 59,15% pada siklus I menjadi 63,28% pada siklus II dan 56,26% pada siklus I menjadi 68,75%. (3) Penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode Gasing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari hasil penelitian dari 65,79% pada siklus I menjadi 86,84% pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa maka model dan metode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Metode Gasing Dan Pembagian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI