EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS V MI MIFTAHUL ABROR MANGUNREJO NGADILUWIH TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SITI NUR FATIMATUZZAHRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0199

Abstract

ABSTRAK Zahro’, Siti Nur Fatimatuz .Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Bilangan Bulat Kelas V MI MIFTAHUL ABROR Mangunrejo Ngadiluwih Tahun Pelajaran 20162017. Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Pembimbing : (1) Drs. Darsono, M.Kom(2) Yuni Katminingsih, M.Pd. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe STAD, efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya nilai matematika pada tingkat SD dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Faktor yang mempengaruhinya antara lain penerapan model pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan juga respon siswa terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran dalam suatu pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi bilangan bulat pada siswa kelas V MI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? (2) Apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa di kelas pada saat proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? (3) Bagaimana respon belajar siswa terhadap materi bilangan bulat jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? (4) Apakah hasil belajar matematika siswa kelas V MI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD? (5) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat? Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen. Subyek penelitiannya iswa kelas VA dan VB MI MIFTAHUL ABROR Mangunrejo Ngadiluwih. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t 2 Sampel. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat. (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat. (3) Respon siswa dikatakan positif, yaitu mencapai 84,17% yang dikategorikan pada kriteria baik. (4) hasil belajar siswa lebih baik dengan menerapkan model STAD pada materi bilangan bulat dengan hasil perhitungan uji t-tes t hitung lebih dari t tabel yaitu 8,00257632 > 2,00856 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. (5) Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif pada materi bilangan bulat kelas V. Ringkasan: Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini: 1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam pelaksanaan model kooperatif tipe STAD dengan sangat baik. 2. Dari hasil observasi siswa dapat di simpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada materi bilangan bulat dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. 3. Respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok aljabar dikatakan positif. Hal ini dikarenakan dari hasil angket persentasenya mencapai 84,17% yaitu dalam kategori baik 4. Hasil belajar matematika siswa lebih baik dengan menerapkan model STAD, dibandingkan tanpa menggunakan model STAD pada materi bilangan bulat di MI MIFTAHUL ABROR Mangunrejo. 5. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi bilangan bulat kelas V efektif. Karena telah memenuhi indikator efektivitas pembelajaran yaitu kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, respon siswa, hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI