PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG


Author (Penulis)

SITI MUZARO'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0198

Abstract

ABSTRAK Siti Muzaro’ah, Penerapan Model Think Pair Share dengan Alat Peraga Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX MTs Al Khidmah Ngronggot Tahun pelajaran 2015/2016, Program Studi Pendidikan Matematika UN PGRI Kediri, 2016 Kata Kunci: Think Pair Share, Alat Peraga, Hasil Belajar Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikelas sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang dapat direspon dengan baik oleh siswa, oleh sebab itu guru harus memilih model pembelajaran yang tepat sebelum mengajar yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari. Jika model pembelajaran yang digunakan dapat direspon dengan baik pasti siswa akan terlibat aktif saat pembelajaran. Media alat peraga merupakan media yang baik untuk membuat siswa dapat berpikir secara nyata, oleh karena itu guru harus membuat dan menggunakan alat peraga pada waktu proses belajar mngajar. Karena pembelajaran Kooperatif dalam pembelajaran matematika perlu didukung dengan alat peraga pembelajaran yang sesuai agar peserta didik dapat menggali informasi sendiri lebih dalam sehingga pembelajaran mata pelajaran matematika mendapatkan respon yang baik dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Respon siswa terhadap penerapan model Think Pair Share dengan alat peraga pada materi bangun ruang sisi lengkung. 2) Penerapan Model Think pair Share dengan alat peraga pada materi bangun ruang sisi lengkungdapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX MTs Al Khidmah Ngronggot tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al Khidmah Ngronggot yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data respon siswa diperoleh dengan angket respon, dan data peningkatan hasil belajar dinilai dengan tes dari masing masing siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistic deskriptif komperatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran Think Pair Share dengan alat peraga pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung mendapatan respon baik dari siswa, hal ini ditunjukkan pada siklus I respon siswa mencapai 72% dan meningkat pada siklus II menjadi 77%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan tes ahir pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 60,75 atau 25%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 83,5 atau 95% dari jumlah siswa seluruhnya sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Think pair Share dengan menggunakan alat peraga mendapatkan respon yang baik dari siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung dikelas IX MTs Al Khidmah Ngronggot tahun pelajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI