PENERAPAN MODEL STAD DENGAN TEKNIK TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP ISLAM ULUL ALBAB NGRONGGOT TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI KARINA ANI PURWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0196

Abstract

ABSTRAK Siti Karina Ani Purwanti: Penerapan Model STAD dengan Teknik Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Islam Ulul Albab Ngronggot Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Desember, 2015. Kata Kunci: Model STAD dengan teknik talking stick untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIIA SMP Islam Ulul Albab Ngronggot, salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah kurang semangatnya siswa siswa dalam proses pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang monoton dan membosankan, serta kegiatan pembelajaran yang masih banyak berpusat pada guru sehingga minat belajar siswa masih rendah.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan Model STAD dengan teknik Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Islam Ulul Albab Ngronggot? (2) Apakah penerapan Model STAD dengan teknik Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Bentuk Aljabar Kelas SMP Islam Ulul Albab Ngronggot?. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Islam Ulul Albab Ngronggot yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh dari dengan teknik tes dalam bentuk tes uraian yang dilakukan pada akhir masing-masing siklus, sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistic deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah diterapkan pemebelajaran STAD dengan teknik talking stick pada pokok bahasan bentuk aljabar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIIA SMP Islam Ulul Albab Ngronggot dari setiap langkah memecahkan masalah yaitu: (1)memahami masalah yang diperoleh pada tes siklus I adalah sebesar 93,34% dan tes skor siklus II sebesar 99,05%. (2) merencanakan penyelesaian masalah yang diperoleh pada tes siklus I adalah sebesar 78,26% dan tes siklus II sebesar 89,69%. (3)menyelesaikan masalah suatu soal sesuai dengan rencana pada tes siklus I adalah sebesar 75,88% dan pada tes siklus II sebesar 88,74%, (4) kemampuan siswa dalam mengevaluasi penyelesaian yang diperoleh yaitu menuliskan simpulan dari jawaban yang telah diperoleh pada tes siklus I sebesar 68,58% dan pada tes siklus II sebesar 85,24%, skor nilai rata-rata kelas tes hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat dari tes siklus I yaitu sebesar “78,62” dengan kriteria “tinggi” dan pada tes siklus II sebesar “90,39” dengan kriteria “tinggi”. Kemudia data aktivitas belajar siswa rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar “13,928” dengan kategori “cukup aktif” dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar “16,952” dengan kategori “aktif”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model STAD dengan teknik talking stick terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran materi bentuk aljabar pada siswa kelas VIIA SMP Islam Ulul Albab Ngronggot tahun pelajaran 2015/2016 dari satu siklus ke siklus berikutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI