PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDIO VISUAL INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII-2 MTsN TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITI FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0195
Abstract
ABSTRAK
Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Audio Visual Intelektual) Terhadap Kemampuan Pengetahuan Metakognitif Siswa Pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII-2 MTsN Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilatar belakangi dari kurangnya kesadaran siswa akan kemampuannya dalam menerima pelajaran. Berbagai alasan siswa antara lain tidak bisa mengerjakan, kurang faham, tidak suka pelajaran matematika, dll. Alasan tersebut tidak diimbangi dengan solusi atau usaha yang dilakukan oleh siswa, sehingga tak jarang siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Kesadaran akan pengetahuan kognitif diri siswa sangatlah penting untuk membantu siswa belajar memahami apa saja materi yang sudah dimengerti dan belum dimengerti, serta bagaimana usaha siswa untuk mengatasi masalah yang dihadapinya supaya dapat memaksimalkan prestasi di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes (pretest dan posttest). Berdasarkan hipotesis sebelum dilakukan uji-t, akan dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari analisis data diketahui bahwa hasil kemampuan pengetahuan metakognitif pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata Posttest lebih besar dibandingkan nilai rata-rata Pretest. Nilai rata-rata pretest sebesar 57,08 dan nilai rata-rata posttest 60,54. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t satu sampel diperoleh thitung > ttabel , yaitu nilai thitung adalah . Nilai ttabel pada taraf signifikan ( = 0,05) nilai ttabel adalah 2,02809. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan pengetahuan metakognitif siswa pada materi perbandingan pada siswa kelas VII-2 MTsN Tanjunganom Nganjuk tahun ajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) sebaiknya seluruh siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, (2) guru hendaknya mencoba menggunakan model pembelajaran SAVI dalam materi pelajaran matematika yang lainnya, (3) guru hendaknya membiasakan siswa untuk menerapkan model-model pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: SAVI (Somatic Audio Visual Intelektual), Kemampuan Pengetahuan Metakognitif.