EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL STAD DENGAN MEDIA MIND MAP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI FUNGSI KELAS X SMK AL – AMIEN TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
SITI FAILATUL KHOIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0194
Abstract
Siti Failatul Khoiroh, Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model STAD Dengan Media Mind Map Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Relasi Fungsi Kelas X SMK Al – Amien Tahun 2015/2016, Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata Kunci : pembelajaran matematika, mind map, motivasi belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan informasi yang didapat peneliti bahwa hasil belajar matematika di SMK Al – Amien Kota Kediri masih cenderung rendah, hal ini terbukti dari data hasil ulangan harian aljabar dari 28 siswa nilai rata-ratanya mencapai 61,14, dan yang mencapai KKM 75 hanya 10 siswa (27,78%). Rendahnya hasil belajar matematika tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh faktor motivasi belajar siswa yang rendah dan pembelajaran yang berpusat pada guru.
Tujuan penelitian ini mengetahui(1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah dengan penerapan model STAD dengan media mind map.(2) Perbedaan hasil belajar matematika yang lebih baik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dengan penerapan model STAD dengan media mind map.(3) Perbedaan hasil belajar matematika yang lebih baik siswa yang memiiki motivasi belajar tinggi dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan penerapan model STAD dengan media mind map.(4) Perbedaan hasil belajar matematika yang lebih baik siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan penerapan model STAD dengan media mind map.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X TKJ SMK Al – Amien Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Dan hasil penelitian ini adalah (1) Diperoleh Fobs=19,34 dan Ftabel=3,39 maka disimpulkan ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah dengan penerapan model pembelajaran STAD dengan media mind map). (2) Diperoleh Fobs=7,13 dan Ftabel=6,78 maka disimpulkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajar matematikanya lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dengan penerapan model STAD dengan media mind map.(3) Diperoleh Fobs=38,93 dan Ftabel=6,78 maka disimpulkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajar matematikanya lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan penerapan model STAD dengan media mind map.(4) Diperoleh Fobs=10,65 dan Ftabel=6,78 maka disimpulkan siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, hasil belajar matematikanya lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan penerapan model STAD dengan media mind map.
Dari kesimpulan, terbukti ada perbedaan hasil belajar pada setiap tingkatan motivasi, hendaknya siswa memiliki motivasi belajar tinggi agar hasil belajar matematika juga tinggi dan guru sebagai fasilitator sekaligus motivator harus menciptakan suasana pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar.