PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KERTAS DAN GAMBAR PADA MATERI BILANGAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

SITI AMI ASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0192

Abstract

ABSTRAK Siti Ami Asih : Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kertas dan gambar pada materi bilangan pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP tahun pelajaran 2015-2016”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2016. Kata Kunci : kooperatif tipe STAD, media kertas dan gambar, hasil belajar siswa, bilangan pecahan. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menggalakkan siswa berinteraksi secara aktif dan positif dalam kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa untuk memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai ketrampilan yang diajarkan guru . dengan penambahan media kertas sebagai alat peraga dan media gambar untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Perumusan dalam penelitian ini (1).Bagaimana aktivitas guru selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kertas dan gambar pada materi bilangan pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri ? (2). Bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kertas dan gambar pada materi bilangan pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri ? (3). Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran koooperatif tipe STAD dengan media kertas dan gambar pada materi bilangan pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri ?. Jenis penelitian yang digunakan Pre-Eksperimental one-Group Pretest–posttest dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi, Lembar pretest dan posttest dan uji Hipotesis analisis uji t-test software SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Aktifitas guru selama proses pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kertas dan gambar pada materi bilangan pecahan baik hal itu ditunjukkan pada aktivitas guru pertemuan ke 1 sebesar 80% dan terletak pada kategori baik , pertemuan ke-2 sebesar 86,67% dan terletak pada kategori sangat baik dan pertemuan ke-3 sebesar 93,33% dan terletak pada kategori sangat baik. (2). Aktifitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kertas dan gambar pada materi bilangan pecahan menunjukkan Pada pertemuan ke-1 jumlah seluruh skor yang didapat siswa yaitu 470 dengan presentase yang didapat 70% masuk dalam kriteria cukup. Pada pertemuan ke-2 jumlah seluruh skor yang didapat siswa yaitu 478 dengan presentase yang didapat 71% masuk dalam kriteria baik. Sedangkan pada pertemuan ke 3 jumlah seluruh skor yang didapat siswa yaitu 505 dengan presentase yang didapat 75% masuk dalam kriteria baik. (3). Dari data yang diperoleh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media kertas dan gambar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan. Selain data yang diperoleh peneliti bisa mengatakan mempengaruhi hasil belajar berdasarkan pada hasil analisis uji t dengan bantuan software SPSS for windows versi 20.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI