PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN TEKNIK TURNAMEN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN I PRAMBON TAHUN 2015-2016 PADA MATERI BILANGAN BULAT


Author (Penulis)

SILVIA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0191

Abstract

ABSTRAK Silvia Damayanti: Pengaruh Model Group Investigation Dengan Teknik Turnamen Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Prambon Tahun 2015-2016 Pada Materi Bilangan Bulat. Kata kunci: Group Investigation, Turnamen Belajar, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami dan membosankan, yang disebabkan karena kurangnya kemampuan guru dalam merancang model pembelajaran yang menarik. Dengan adanya penerapan model group investigation dengan teknik turnamen belajar, diharapkan dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang dicapai dapat sesuai dengan harapan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika kelas VII SMPN 1 Prambon tahun 2015-2016 pada materi bilangan bulat dengan menggunakan model group investigation dengan teknik turnamen belajar? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII SMPN I Prambon tahun 2015-2016 pada materi bilangan bulat dengan menggunakan model group investigation dengan teknik turnamen belajar? (3) Apakah ada pengaruh model group investigation dengan teknik turnamen belajar terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Prambon tahun 2015-2016 pada materi bilangan bulat? (4) Apakah ada pengaruh model group investigation dengan teknik turnamen belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Prambon tahun 2015-2016 pada materi bilangan bulat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII-4 SMPN 1 Prambon. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, yaitu dengan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi guru dan siswa, angket motivasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian dalam kegiatan pembelajaran aktivitas guru dan siswa pada pertemuan ke-1 terjadi peningkatan pada pertemuan ke-2 dan pertemuan ke-3. Hasil analisis uji-t untuk motivasi belajar menyatakan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yang memiliki taraf signifikan 0,05, sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran group investigation dengan teknik turnamen belajar terhadap motivasi siswa kelas VII SMPN I Prambon materi bilangan bulat. Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar menyatakan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yang memiliki taraf signifikan 0,05, sehingga, H_a diterima dan H_0 ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran group investigation dengan teknik turnamen belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN I Prambon materi bilangan bulat. Dengan perolehan hasil diatas maka dapat disimpulkan (1) proses pelaksanaan model pembelajaran group investigation dengan teknik turnamen belajar materi bilangan bulat pada aktivitas guru dan siswa dinyatakan pada kategori sangat baik (2) melalui model pembelajaran group investigation dengan teknik turnamen belajar materi bilangan bulat memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa (3) melalui model pembelajaran group investigation dengan teknik turnamen belajar materi bilangan bulat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI