PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PECAHAN
Author (Penulis)
SEVIAN DEDY CAHYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0189
Abstract
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PECAHAN
Sevian Dedy Cahyono
11.1.01.05.0189
FKIP-MATEMATIKA
seviandedycahyono@gmail.com
Dr. Suryo Widodo, M.Pd. dan Bambang Agus Sulistyono, M.Si
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi dari pembelajaran pada materi pecahan di SMP belum optimal dan kenyataan bahwa pembelajaran matematika masih didominasi oleh aktivitas guru yang menyebabkan peserta didik menjadi lemah berfikir kritisnya sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Pembelajaran yang didominasi oleh guru, juga menyebabkan interaksi antara guru dan peserta didik menjadi berkurang yang berdampak pada kurangnya kemampuan peserta didik dalam berfikir kritis.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pecahan? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran berbasis masalah pada materi pecahan?
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pecahan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji-t, dan diperoleh t hitung sebesar 5,43 sedangkan t tabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 52 yaitu sebesar 1,684. Maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pecahan. (2) Aktivitas belajar siswa meningkat setelah mendapatkan pembelajaran berbasis masalah.
Kata Kunci : Metode pembelajaran berbasis masalah, Berfikir kritis, Aktivitas siswa