PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PECAHAN


Author (Penulis)

SEVIAN DEDY CAHYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0189

Abstract

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PECAHAN Sevian Dedy Cahyono 11.1.01.05.0189 FKIP-MATEMATIKA seviandedycahyono@gmail.com Dr. Suryo Widodo, M.Pd. dan Bambang Agus Sulistyono, M.Si UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi dari pembelajaran pada materi pecahan di SMP belum optimal dan kenyataan bahwa pembelajaran matematika masih didominasi oleh aktivitas guru yang menyebabkan peserta didik menjadi lemah berfikir kritisnya sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Pembelajaran yang didominasi oleh guru, juga menyebabkan interaksi antara guru dan peserta didik menjadi berkurang yang berdampak pada kurangnya kemampuan peserta didik dalam berfikir kritis. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pecahan? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran berbasis masalah pada materi pecahan? Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pecahan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji-t, dan diperoleh t hitung sebesar 5,43 sedangkan t tabel dengan taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 52 yaitu sebesar 1,684. Maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pecahan. (2) Aktivitas belajar siswa meningkat setelah mendapatkan pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci : Metode pembelajaran berbasis masalah, Berfikir kritis, Aktivitas siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI