MODEL PAKEM DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR
Author (Penulis)
SERLY PERMATA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0188
Abstract
MODEL PAKEM DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR
Serly Permata Sari
NPM.11.1.01.05.0188
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pengetahuan
Permata.sherly@rocketmail.com
Dr. Suryo Widodo, M.Pd dan Bambang Agus Sulistyno, M. Si
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) merupakan salah satu model pembelajaran yang memungkinkan siswa dan guru untuk aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menciptakan suatu lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakahhasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PAKEMpada materi bentuk Aljabar meningkat ? (2) Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan mengunakan model PAKEM pada materi bentuk Aljabar dari segi guru ?
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model PAKEMditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri pada materi perkalian bentuk aljabar.Dilihat dari hasil belajar siswa dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan one-Group Pretest–posttest. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model PAKEM. Sedang variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dan keterlaksanaka pembelajaran kegiatan guru.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Kediri Tahun 2015/2016.Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A SMP Muhammadiyah yang berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data antara lain RPP, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guu, soal pretest danposttest hasil belajar. Teknik analisis data mengunakan uji statistic, sebelumya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan spss 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar siswa meningkat setelah diajarkan menggunakan model PAKEM pada materi bentuk aljabar. Berdasarkan perhitungan uji t maka diperoleh Asymp.Sig(2-tailed) = 0,000 dan ? = 0.05 sehingga Asymp. Sig(2-tailed) < ? (0,05). Berdasarkan rata-ratahasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan sebesar 68 secara klasikal 60%, sedangkan sesudah diberi perlakuan sebesar 79,4 atau secara klasikal 80%(2)Keterlaksanaan pembelajaran selama proses pembelajaran menggunakan model PAKEM dalam kategori baik dengan prosentase nilai rata- rata 80,6%. Maka keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PAKEM pada materi bentuk aljabar ditinjau dari segi guru dapat dikatakan baik dan sesuai dengan RPP yang telah disusun.
Kata kunci : Model PAKEM dan Hasil Belajar