PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAPAR KEDIRI


Author (Penulis)

ROFININGRUM FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0185

Abstract

ABSTRAK Rofiningrum Fatimah: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kritis Matematika Pada Materi Pokok Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Papar Kediri, Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: kooperatif, tipe Numbered Head Together (NHT), kepala bernomor, ketrampilan berfikir kritis siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa hasil kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 1 Papar Kediri masih rendah pada materi bilangan bulat. Hal ini dikarenakan penggunaan model yang masih monoton dan kurang bervariatif, yang menyebabkan kejenuhan pada siswa sehingga ketrampilan berfikir kritis siswa siswa menjadi rendah dan interaksi siswa dengan siswa kurang aktif. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi bilangan bulat. Pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan ketrampilan berfikir kritis siswa dan interaksi siswa dengan siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui (1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan ketrampilan berfikir kritis siswa pada materi bilangan bulat.(2) Mengetahui bagaimana interaksi siswa dengan siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindAKAN KELAS. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus, siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Papar Kediri yang berjumlah 34 siswa. Pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Papar Kediri pada materi bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat pada siswa yang tergolong tidak kritis hanya 14,7%. Hal ini berarti persentase level tidak kritis <50% , sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dikatakan positif dan sangat baik peningkatannya. Dan hasil observasi interaksi siswa dengan siswa SMP Negeri 1 Papar Kediri selama pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi bilangan bulat sudah mencapai nilai sedang atau cukup baik. Adanya peningkatan interaksi siswa dengan siswa sebesar 20% dari siklus I yang semula 47% menjadi 67% pada diklus II.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI