METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENGEMBANGKAN REASONING HABIT DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI
Author (Penulis)
RIZKY FAJARIYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0183
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hal-hal yang dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang
mendapatkan kendala dalam pembelajaran, khususnya dibidang matematika. Tidak sedikit
siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. karena sebagian besar
siswa mengagap bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit
untuk di pahami, oleh karena itu yang perlu disampaikan terlebih dahulu adalah apa tujuan
mempelajari matematika, agar siswa mengetahui apa manfaat mempelajari
matematika.Dengan metode yang saya sampaikan ini, diharapkan agar siswa lebih mudah
dalam pengerjaan soal-soal yang diberikan. Metode yang simple akan mempermudah siswa
belajar matematika dan pemahaman yang mudah akan mempengahruhi hasil belajar
mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik yang dialami siswa, agar
siswa mampu belajar dengan mudah dan hasil yang memuaskan menggunakan metode
pemecahan masalah guna mengembangkan Reasoning Habit.
Penelitian ini berdasarkan hal-hal yang dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang
mendapatkan kendala dalam pembelajaran, khususnya dibidang matematika. Tidak sedikit
siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. karena sebagian besar
siswa mengagap bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit
untuk di pahami, oleh karena itu yang perlu disampaikan terlebih dahulu adalah apa tujuan
mempelajari matematika, agar siswa mengetahui apa manfaat mempelajari
matematika.Dengan metode yang saya sampaikan ini, diharapkan agar siswa lebih mudah
dalam pengerjaan soal-soal yang diberikan. Metode yang simple akan mempermudah siswa
belajar matematika dan pemahaman yang mudah akan mempengahruhi hasil belajar
mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik yang dialami siswa, agar
siswa mampu belajar dengan mudah dan hasil yang memuaskan menggunakan metode
pemecahan masalah guna mengembangkan Reasoning Habit.
Penelitian ini berdasarkan hal-hal yang dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang
mendapatkan kendala dalam pembelajaran, khususnya dibidang matematika. Tidak sedikit
siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. karena sebagian besar
siswa mengagap bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit
untuk di pahami, oleh karena itu yang perlu disampaikan terlebih dahulu adalah apa tujuan
mempelajari matematika, agar siswa mengetahui apa manfaat mempelajari
matematika.Dengan metode yang saya sampaikan ini, diharapkan agar siswa lebih mudah
dalam pengerjaan soal-soal yang diberikan. Metode yang simple akan mempermudah siswa
belajar matematika dan pemahaman yang mudah akan mempengahruhi hasil belajar
mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik yang dialami siswa, agar
siswa mampu belajar dengan mudah dan hasil yang memuaskan menggunakan metode
pemecahan masalah guna mengembangkan Reasoning Habit.